5 Hal Agar Bisnis Tetap Eksis Dan Bertahan Lama

Jangan sungkan untuk bertanya dan meminta saran agar kamu bisa memiliki pola pikir dan referensi yang kaya saat menjalankan bisnis. Jaman digital menuntut setiap orang untuk bisa mendapatkan akses web yang cepat karena jika tidak, maka kita bisa ketinggalan informasi. Apapun bisa menyebar dengan cepat di dunia maya sehingga untuk membuat diri kita terus update maka memiliki koneksi internet cepat adalah hal mendasar yang harus dipenuhi. Menjadi seorang pebisnis mewajibkan Anda untuk memiliki koneksi yang super cepat agar tetap bisa terhubung dengan rekan-rekan kerja Anda dan mengetahui informasi terkini. Franchise atau yang biasa disebut dengan waralaba merupakan metode berbisnis dengan cara mendapatkan hak atas merek dagang, bahan baku, dan juga produk yang ditawarkan dari bisnis yang sudah ada. Ketentuan dalam prosedur memasarkan produk dan juga hal lainya terdapat pada perjanjian yang telah disepakati dengan pemilik bisnis tersebut.

Kevin Plank adalah penemu dari bisnis pakaian olahraga Under Armour. Awal dari ide bisnis ini datang pada saat ia berpartisipasi dalam lomba soccer, di mana ia merasa bahwa ada alternatif yang lain yang bisa dipakai pada saat berolahraga. Walaupun menuai kesuksesan, bisnis ini melewati beberapa kesulitan dan skandal mulai dari tuntutan dari seniornya yang menuduh bahwa Facebook mengambil idenya, sampai dengan tuduhan pencurian information pribadi. Namun, masalah ini tidak membuat Mark Zuckerberg berhenti di tengah jalan.

Pengalaman berbisnis

Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan, namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik. Tantangan ini tidak jarang menyebabkan pebisnis layu sebelum berkembang.

Seperti dilansir dari Detikcom, Di masa-masa awal merintis pasti banyak tantangan dan kendala yang akan Anda hadapi. Memulai bisnis atau startup juga bisa membuat stres karena banyak hal yang harus dilakukan sekaligus. Mulai dari detail kecil sampai dengan hal besar yang perlu penanganan khusus. Kami telah memperbarui kebijakan privasi untuk mencerminkan komitmen kami dalam memastikan keamanan data Anda. Silakan lihat kebijakan privasi terbaru kami untuk informasi lebih lanjut.

Dalam webinar tersebut ditekankan, saat ini tak perlu modal besar untuk memulai usaha. Juga, transaksi dapat dilakukan dengan konsumen di lintas negara melalui perkembangan e-commerce dan sistem pembayaran digital. Salah satu pelaku hiburan tanah air, Elly Sugigi juga turut hadir menceritakan kisahnya merintis bisnis. Sarah LaFleur, pemilik model MM.LaFleur berkata bahwa ia sempat gagal ketika pertama kali membangun bisnisnya di tahun 2013. “Saya kemudian mengubah model bisnis saya dari e-commerce menjadi butik pakaian,” ujarnya.

Bagi milenial, kamu harus bisa melihat setiap peluang dalam kondisi apa pun, termasuk saat pandemi seperti sekarang ini. Di situasi krisis sekalipun, selalu ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Tips memulai bisnis yang satu ini memang agak sedikit rumit. Tapi, jika kamu sudah memahami dan terbiasa, maka bisa berjalan dengan lancar. Sebelum kamu menandatangani kontrak, kamu harus mengenali dan paham betul produk apa yang akan kamu jual nanti.