Ingin Jadi Pemimpin Terbaik? Ingat Jurus 5

Untuk itu seorang pemimpin yang berintegritas disebutnya harus memiliki semangat keterlibatan, khususnya dalam aspek kesetaraan dan keadilan di masyarakat. Yanuar Nugroho menyampaikan, bahwa agar terus berintegritas, seorang pemimpin harus memiliki prinsip dasar bahwa hidup ini untuk memuji, menghormati dan mengabdi kepada Tuhan. Yayasan Bhumiksara organisasi yang hasilkan kader bangsa merasa perlu merefleksikan kepemimpinan beritegritas menyongsong tatanan masyarakat baru.

Semangat seorang pemimpin

Ada dua cerita yang dibagikan AB Susanto untuk menjelaskan bagaimana karakter seorang pemimpin strategis yang memiliki suri tauladan karena memegang moralitas. Bagi Indonesia, menjadi bangsa besar merupakan suatu keharusan karena mimpi itu sudah ditulis oleh para pendiri negara dengan meletakan tujuan dan cita-cita nasional dalam Pembukaan UUD 1945. ”Menjadi Bangsa yang Besar” merupakan fokus dari pembahasan buku ini. AB Susanto mengajak setiap warga negara untuk mengganti Togel Online ”kacamata” agar dapat melihat dengan lebih jelas ”Indonesia Raya” sebagaimana yang diimajinasikan WR Supratman dalam lirik dan kemegahan irama lagu kebangsaan yang dibuatnya. Inti dari buku ini adalah ajakan seorang AB Susanto kepada bangsa Indonesia untuk mengubah cara berpikir, berperilaku, bersikap, dan bertindak sebagai rakyat dari suatu bangsa besar dengan titik pijak bela negara. Keenam sifat tersebut di atas harus seimbang dan dimiliki oleh seorang pemimpin.

Sebagai seorang pemimpin, Anda dituntut untuk menjadi kuat sekaligus fleksibel. Pemimpin yang fleksibel adalah pemimpin yang mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi apapun. Bagaimana Anda menangani situasi yang tak terduga atau tidak nyaman akan menentukan tingkat fleksibilitas Anda. Seorang pemimpin fleksibel akan semakin kuat dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan.

Anda harus mementingkan kepentingan tim dan klien Anda daripada diri Anda sendiri. Berusaha untuk terbuka dalam setiap situasi dan kondisi justru akan mempererat relasi Anda. Agar seseorang bisa maju menjadi seorang pemimpin, maka ia harus mendapatkan kepercayaan penuh dari orang-orang yang hendak dipimpin olehnya. Salah satu cara supaya calon pemimpin ini bisa dipercaya, adalah dengan membiasakan perilaku jujur di setiap ucapan maupun perbuatan. Alih-alih berfokus untuk mengumpulkan lebih banyak pengikut, seorang pemimpin yang hebat justru ingin menghasilkan calon-calon pemimpin baru yang jauh melampaui dirinya. Dengan begitu, tentu akan timbul rasa kebahagiaan tersendiri, sebab ia telah sukses membimbing banyak orang supaya berkembang.

Pemahaman atas aspek ini sengatlah penting dalam perkembangan usaha Anda. Kemampuan ini akan membantu setiap leader untuk menyampaikan visi, misi dan objectives yang dimiliki kepada setiap karaywan atau bawahan mereka. Tidak ada batasan bahwa mereka yang pantas menjadi seorang leader adalah mereka yang berkepribadian ekstrovert.

Bukannya turun semangatn, Firman justru semakin terpacu untuk terus belajar dan belajar, baik itu dari segi pengalamannya di space maupun berbagai materi tentang Satuan Pengamanan yang harus ia kuasai untuk dapat lolos ujian ke level pengawas. Dorongan dari sang istri yang saat itu juga bekerja di perusahaan yang sama dengannya, kian memacu semangat Firman. Waktu itu di tahun 2007, Firman diterima bekerja dan mengikuti pelatihan Gada Pratama, yaitu pelatihan dasar Satuan Pengamanan bagi calon anggota yang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang Satuan Pengamanan. Setelah lulus dari pelatihan tersebut, sejumlah space perkantoran menjadi tempat penugasannya di masa-masa awal ia bekerja. Di sinilah ia memetik hikmah dari berbagai pengalamannya memberikan pelayanan, juga pengembangan kemampuannya dalam menjalani profesi, hingga mendapat kepercayaan untuk dapat menjadi seorang pemimpin. Berawal dari keinginannya membantu orang tua sekaligus menambah biaya untuk keperluan sekolah, Firman yang kala itu masih duduk di bangku Sekolah Dasar , ikut sang kakak untuk berjualan menjajakan koran di sekitar perumahan warga.

Kunci keberhasilannya adalah tetap semangat mengejar mimpi, membangun hubungan yang baik dengan kolega dan mentor, serta selalu mendorong diri untuk belajar. Salah satu kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan jiwa kepemimpinan anggota GenBI Sumatera Selatan adalah melalui pelaksanaan kegiatan Leadership Lecture dengan tema How to Become an Inspirational Leader. Kegiatan Leadership Lecture dilaksanakan pada Selasa, 22 Juni 2021 bertempat di The Zuri Hotel Palembang dan diikuti oleh penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2021 dari Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Karena telah dibuktikan beberapa chief di dunia ini adalah seorang introvert yang dikenal tidak banyak berbicara dan cenderung pemalu dan juga pendiam. Komunikasi di sini lebih pada kemampuan menyampaikan maksud dengan pendekatan yang baik agar lebih mudah dipahami oleh siapapun yang mendengarkan. Bukan memerintah, namun lebih pada meminta bantuan dalam menyelesaikan setiap tugas yang harus diselesaikan. Tidak akan memungkinkan jika semua tugas dikerjakan oleh 1 orang saja. Itu sebabnya seorang chief membutuhkan bawahan yang siap membantu. Dengan kemampuan memberdayakan inilah setiap pemimpin akan lebih mudah menyelesaikan dan menggapai targets yang sudah ditetapkan bersama dengan bawahan mereka.