Pengertian Literasi Keuangan

Kegiatan dilaksanakan di Pesantren milik Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani, Ciputat, Tangerang Selatan dengan peserta yang berjumlah 22 orang siswi. Hasil dari hari pertama pengabdian adalah 14 peserta sudah terliterasi, kemudian 6 orang peserta masih kurang terliterasi, dan 2 anak belum memiliki pemahaman tentang literasi keuangan. %), memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan keuangan pribadi. Secara spesifik, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan millennial agar mereka dapat mengelola keuangan dengan baik. Disamping itu, kegiatan ini juga memberikan informasi mengenai berbagai instrumen keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh generasi millennial dengan mempertimbangkan keuntungan dan risiko dengan bijak. Sasaran kegiatan ini meliputi generasi millennial di Indonesia. Kegiatan dilakukan secara digital melalui Live Instagram dan telah disaksikan oleh 580 orang.

Selain itu seluruh laporan tersebut juga harus dibuat secara tepat dan rapi. Manajemen pengetahuan atau information management adalah suatu sistem dan proses yang terformat dan juga terarah yang dikembangkan dalam sebuah organisasi untuk menciptakan, mencari, memilih, mendokumentasikan dan menyebarkan informasi dan pengetahuan. Mungkin bagi Anda yang memiliki bisnis, knowledge management ini masih asing untuk Anda dengar. Tentu knowledge administration sangatlah memiliki manfaat yang besar dan berguna dalam menjaga kestabilan proses bisnis perusahaan. Basic Personal Finance meliputi semua pemahaman dasar individu dalam sistem keuangan seperti perhitungan bunga sederhana, bunga majemuk, inflasi, alternative cost, nilai waktu, likuiditas aset dan lain sebagainya. Literasi Keuangan adalah bagaimana kemampuan seseorang untuk memproses informasi ekonomi yang diperoleh dan membuat keputusan untuk membuat perencanaan keuangan, akumulasi keuangan, pensiun dan hutang.

Pentingnya Financial Knowledge

Program ini dirancang untuk memberikan Anda kesempatan untuk menunjukkan penguasaan terkait dengan dasar-dasar dari the Supply Chain Body of Knowledge. Topik dasar, teori, alat bantu keputusan, strategi, akan disajikan dengan cara yang jelas dan ringkas. Secara khusus, beberapa topik yang disajikan adalah Sourcing, peran Inventory dalam rantai pasokan, MRP, dan Transportasi.

Pemahaman beberapa hal yang berkaitan dengan pengetahuan dasar tentang keuangan pribadi. Literasi keuangan selain bermanfaat bagi individunya sendiri juga bermanfaat untuk keberlangsungan sistem perekonomian suatu Negara. Pengetahuan keuangan untuk membentuk perilaku keuangan keluarga . Insurance , mencakup pengetahuan dasar asuransi dan produk asuransi seperti asuransi jiwa dan asuransi kendaraan bermotor. Pemahaman beberapa hal yang berhubungan dengan pengetahuan dasar mengenai keuangan pribadi. Literasi Keuangan adalah seperangkat keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan seorang individu untuk membuat keputusan dan efektif dengan semua sumber daya keuangan mereka.

Semakin banyak pemahaman mengenai financial literacy maka semakin baik pula individu tersebut mengelola uang pribadi mereka. Semakin banyak pemahaman mengenai monetary literacy maka semakin baik juga individu tersebut dalam mengelola uang pribadi mereka. Menurut OJK , literasi Keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan, yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Dalam kegiatan ini metode yang dilakukan kepada para santri berupa pelatihan langsung dengan tatap muka di aula yang melibatkan para santri kelas 12 dan pendamping di yayasan tersebut, selanjutnya diskusi dan tanya jawab. Ilmu yang didapatkan pada kegiatan ini diharapkan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk diri sendiri atau keluarga. Literasi Keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan, yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan.