Siapkah Kita Menjadi Pemimpin ?

Gaya kepemimpinan Anda yang baik bisa dijadikan contoh oleh atasan lain di perusahaan Anda. Kedua, pemimpin fasilitatif membantu kelompok dan individu dalam organisasinya menjadi lebih efektif dengan cara membangun kapasitas mereka dalam menilai dan meningkatkan cara mereka bekerja. Dengan demikian, seperti halnya seorang fasilitator yang fungsi utamanya adalah membelajarkan orang. Sebagai pemimpin yang fasilitatif, dia akan selalu melibatkan pengikutnya semaksimal mungkin dalam pembentukan visi dan misi, serta membangun sebuah tim yang kohesif.

Jika kultur dan kearifan lokal dikaitan dengan aktivitas kepemimpinan, maka ia menjadi sebuah entitas yang tidak bisa dipisahkan. Kepemimpinan tidak bisa terlepas dari nilai-nilai budaya dan kehidupan sosial masyarakat yang dianut. Ia tidak bisa dipertentangkan, tetapi ia harus direlasikan atau bahkan diintegrasikan. Salah satu ciri kearifan lokal adalah memiliki tingkat solidaritas yang tinggi atas lingkungannya. “Sesungguhnya akan datang di tengah-tengah kalian, para pemimpin sesudahku, mereka menasihati orang, di forum-forum dengan penuh hikmah, tetapi jika mereka turun dari mimbar mereka berlaku culas, hati mereka lebih busuk daripada bangkai. Barang siapa yang membenarkan kebohongan mereka, dan membantu kesewenang-wenangan mereka, maka aku ,bukan lagi golongan mereka, dan mereka bukan golonganku, dan tidak akan dapat masuk telagaku.

Mempimpin sebuah kelompok

Succession Planning adalah strategi-strategi dan rencana-rencana yang dibuat oleh pemilik perusahaan untuk mengembangkan segala potensi, talenta, dan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan-karyawannya untuk mendapatkan calon-calon pemimpin perusahaan yang terbaik. Suksesi dalam perusahaan adalah proses perubahan atau pergantian struktur dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang melibatkan beberapa tahapan dengan tujuan tertentu untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Selanjutnya, alumnus jurusan Kesejahteraan Sosial UMJ yang melanjutkan pendidikan hingga tingkat doktoral di Universitas Indonesia itu banyak menjelaskan materinya dengan membandingkan tugas antara Fasilitator dengna Manajer dan Pemimpin. Menurutnya, baik manajer atau pemimpin sama-sama melakukan sesuatu dengan benar. Demikian pula dalam pengerjaannya, seorang manajer berharap orang akan menyelesaikan tugasnya. Sedangkan fasilitator berharap bahwa orang itu akan terlibat dalam seluruh tahapan prosesnya.

Orang yang hidup dengan integritas tidak akan mau dan mampu untuk mematahkan kepercayaan dari mereka yang menaruh kepercayaan pada dirinya. Mengatakan kebenaran secara bertanggung jawab, bahkan ketika mereka merasa tidak enak mengatakannya. Seorang konduktor atau dirijen harus memiliki telinga yang sangat peka, mendeteksi di mana letak nada-nada yang out of tune atau ‘fals’. Terkadang, dalam memainkan sebuah karya musik tidak hanya dibutuhkan teknik yang tinggi, tetapi kemampuan untuk mendengarkan dan merasakan bunyi.

Kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apa yang diinginkan pihak lainnya. Ketiga kata yaitu pemimpin, kepemimpinan serta kekuasaan yang dijelaskan sebelumnya tersebut memiliki keterikatan yang tak dapat dipisahkan. Karena untuk menjadi pemimpin bukan hanya berdasarkan suka satu sama lainnya, tetapi banyak faktor. Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan, proses, atau fungsi pada umumnya untuk mempengaruhi orang-orang agar berbuat sesuatu dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Generasi yang berusia muda ini sangat mementingkan persahabatan dibandingkan senioritas. Adalah kewajiban setiap pemimpin untuk memahami setiap individu yang bekerja sama bersama atau dengan Anda. Dengan memahami mereka, Anda akan lebih dapat mengerti kebutuhan yang harus dicapai bersama-sama.